Perbedaan Text dengan Font

Pengertian Text ialah ungkapan bahasa yang menurut isi, sintaksis, dan pragmatik merupakan satu kesatuan (Luxemburg dkk, 1989:86). Dari pengertian tersebut dapat diartikan teks adalah suatu kesatuan bahasa yang memiliki isi dan bentuk, baik lisan maupun tulisan yang disampaikan oleh seorang pengirim kepada penerima untuk menyampaikan pesan tertentu. Istilah teks sebenarnya berasal dari kata text yang berarti ‘tenunan’. Teks dalam filologi diartikan sebagai ‘tenunan kata-kata’, yakni serangkaian kata-kata yang berinteraksi membentuk satu kesatuan makna yang utuh. Teks dapat terdiri dari beberapa kata, namun dapat pula terdiri dari milyaran kata yang tertulis dalam sebuah naskah berisi cerita yang panjang (Sudardi, 2001:4-5). Menurut Baried (1985:56), teks artinya kandungan atau muatan naskah, sesuatu yang abstrak hanya dapat dibayangkan saja. Teks terdiri atas isi, yaitu ide-ide atau amanat yang hendak disampaikan pengarang kepada pembaca. Dan bentuk, yaitu cerita dalam teks yang dapat dibaca dan dipelajari menurut berbagai pendekatan melalui alur, perwatakan, gaya bahasa, dan sebagainya. 

Font (atau huruf komputer) merupakan suatu data elektronik file yang berisi satu set mesin terbang, karakter, atau simbol seperti Dingbats. Meskipun font istilah yang pertama disebut satu set macam jenis logam dalam satu gaya dan ukuran, sejak tahun 1990 sebagian besar font digital, digunakan pada komputer. [1]

Ada tiga jenis dasar dari komputer font file data format:

* Bitmap font terdiri dari serangkaian titik atau piksel mewakili citra dari setiap mesin terbang di setiap wajah dan ukuran.
* Outline font (juga disebut font vektor) menggunakan kurva Bézier, menggambar instruksi dan rumus matematika untuk menggambarkan setiap mesin terbang, yang membuat karakter garis scalable untuk ukuran.
* Stroke font menggunakan rangkaian garis tertentu dan informasi tambahan untuk menentukan profil, atau ukuran dan bentuk baris dalam wajah tertentu, yang bersama-sama menggambarkan tampilan mesin terbang itu.

font Bitmap lebih cepat dan lebih mudah untuk digunakan dalam kode komputer, tetapi tidak fleksibel, memerlukan ukuran font yang terpisah untuk masing-masing. Outline dan stroke font dapat diatur ukurannya dengan menggunakan font tunggal dan menggantikan pengukuran yang berbeda untuk masing-masing komponen mesin terbang, tapi agak lebih rumit untuk digunakan dibandingkan font bitmap karena mereka memerlukan kode komputer tambahan untuk memberikan garis besar ke bitmap untuk ditampilkan di layar atau dalam cetak.

Gambar bitmap dapat ditampilkan dalam ukuran yang berbeda hanya dengan beberapa distorsi, tapi membuat cepat; garis besar atau format gambar stroke resizable tetapi mengambil lebih banyak waktu untuk membuat sebagai piksel harus ditarik dari awal setiap kali mereka akan ditampilkan.

Font dirancang dan dibuat menggunakan editor font. Font yang khusus dirancang untuk layar komputer dan tidak mencetak dikenal sebagai screenfonts.

Font bisa monospace (mis. setiap karakter diplot jarak konstan dari karakter sebelumnya bahwa itu adalah sebelah, sementara menggambar) atau proporsional (karakter masing-masing memiliki lebar sendiri). Namun, aplikasi font-penanganan tertentu dapat mempengaruhi jarak, terutama ketika melakukan pembenaran.

Advertisements
This entry was posted in Pengetahuan and tagged , . Bookmark the permalink.